cara merawat CD / DVD Rom

Assalamualaikum Wr.Wb
Saya kali ini akan menulis postingan baru yaitu tentang bagaimana cara membersihkan CD/DVD ROM yang baik dan benar … bagi anda yang punya kompi/pc/komputer lebih baik jangan lupa membersihkan CD/DVD ROM ya minimal 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali .. pokoknya jangan lupa untuk membersihkanya karena CD/DVD ROM salah satu bagian komponen komputer yang penting …. yah dari pada kepanjangan ngomong lebih baik langsung saja ya !!!!
Langkah pertama yaitu siapkan alat-alat untuk membersihkannya :

  • CD/DVD ROM
  • Obeng – (min)
  • Obeng + (plus)
  • Clip
  • Cotton(pembersih telinga)

Setelah itu masukan Clip pada lubang kecil pada  CD/DVD ROM lalu tekan sampai terbuka

Kalau udah kebuka lalu pakai Obeng – (min) congkel bagian sisi kanan,sisi kiri dan atas dengan cara menekannya

Setelah kebuka semuanya lanjutkan dengan melepaskan baut menggunakan Obeng + (plus)

Kalau semuanya udah kebuka gunakan Obeng – (min) untuk menyongkel bagian kiri dan kanan pada bagian atas dan bawah CD/DVD ROM

Setelah itu buka bagian atas dan bawah

Lalu gunakan untuk membersihkan  optik,bersihkan optik dengan perlahan

Nah sesudah itu lalu pasangkan kembali kesing CD/DVD ROM

Dan jangan lupa pasangkan juga baut

Nah sudah lah selesai …. eh tapi saya ingin memberi tambahan ilmu pada komponen CD/DVD ROM   yaitu tentang pengertian Dioda laser,Motor pemuat,Motor luncur dan rangkaian pemroses sinyal :

  • Dioda laser adalah  block “pick up” yang harus dan harus ditegasi sangat hati-hati . Perangkat optik atau lensa harus tetap bersih.Bersihkan semua kotoran atau debu dari perangkat lensa.Jika terjadi kerusakan pada picup laser maka keseluruhan block pick up harus di ganti.

  • Motor pemuat adalah pendorong kotak memuat kelua  memasangkan  disk ke perangkat pick up optik . Sinyal mengendalikan motor pemuat di atur oleh IC pengatur mekanisme.

  •  Motor luncur dapat dikendalikan oleh IC dan di alurkan olenh rangkaian penguat SELD dan transistor-transistor penggerak keluar.
  • Rangkaian pemroses sinyal adalah sinyal yang lemah dari pick up di kuatkan di dalam sebuah rangkaian penguat IC.IC penguat depan ini digunakan untuk mendeteksi kesalahan-kesalahan alas penjejakan .

Tinggalkan komentar